Minggu, 13 September 2009

Uban Pada Usia Muda

Jangan kaget kalau tiba-tiba dirambut kamu terdapat uban atau rambut putih. Selama ini kita berfikir kalau uban hanya terdapat pada orang yang sudah tua saja, namun ternyata munculnya uban pada usia muda bisa disebabkan oleh banyak hal. Yang paling utama adalah karena faktor genetik atau keturunan.

Jika kadar pigmennya kurang, rambut pun akan semakin pirang dan kemudian putih, beruban. Biasanya, uban muncul pada orang tua, karena produksi melaninnya memang sudah mulai berkurang. Metabolisme untuk memproduksi pigmen sudah mulai lambat atau bahkan tidak ada lagi.

Ada orang yang sudah tua tapi belum beruban atau hanya muncul sedikit, tapi ada pula yang masih muda tapi rambutnya sudah ubanan semua. Ini juga karena faktor genetik. Jika belum banyak uban meski sudah tua, berarti metabolisme pembentukan pigmennya memang bisa bertahan lama.

Berikut ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan uban pada usia muda diantaranya :
• Faktor Genetik
• Penyakit imunologi anemia pernisiosa, yakni jenis kekurangan darah yang sering menyebabkan rambut beruban
• Adanya kelainan metabolisme, misalnya gangguan tiroid atau kurang gizi. Kurang gizi bisa membuat jumlah enzim pembetuk pigmen berkurang,
• Pemakain zat kimia, misalnya cat rambut
• Pemakaian jenis sampo yang banyak mengandung sulfur yang tinggi

Kalau uban kamu hanya terlihat dibeberapa tempat saja mungkin akan terlihat lebih keren namun apabila terlihat dikeseluruhan bisa-bisa kamu di bilang profesor oleh teman - teman kamu. Makanya kita harus memberikan ekstra perhatian dalam merawat rambut, mengecat rambutpun harus diperhatikan, walau mengecat rambut dapat dilakukan kapan saja, kualitas rambut harus terus diperhatikan. Misalnya kalau rambut terlalu kering, sebaiknya pakai kondisioner (pelembab). Juga, harus mengetahui perawatan pencuci rambut. Misalnya, gunakan sampo yang tidak terlalu alkalis (terlalu berbusa), sehingga malah membuat rambut jadi terlalu kering. Tapi kalau sudah ada tanda-tanda rambut porous (rapuh), pengecatan harus dihentikan, tunggu sampai rambut baru tumbuh.

Untuk melakukan pengobatan secara tradisional bagi kamu yang sudah beruban cobalah memakai air santan kelapa, kelapa parutnya juga diambil dicampur dengan santan, tambahkan air nanas, air jeruk nipis. Pakailah untuk keramas 2x seminggu. Hasil perasan bisa dipakai berkali-kali.

Sumber :
http://simpatizone.telkomsel.com/web/funzone/Education/Uban_Pada_Usia_Muda
13 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar