Minggu, 13 September 2009

Kiat Rambut Indah dan Terbebas Dari Uban

Usia masih relatif muda, tetapi uban sudah mulai muncul di rambut. Tentunya akan menjadi masalah besar untuk penampilan kita, karena rambut uban identik dengan rambut bagi usia yang sudah tergolong sepuh.

Penyebab utama terjadinya uban dini disebabkan beberapa faktor, Yaitu :

1. Faktor genetik (keturunan)

Biasanya bila orang tuanya beruban dini, kelak anak-anaknya pun akan mengalami hal yang sama. Dalam ilmu genetika, hal ini disebut dengan autosomal dominan.


2. Stres

Stres berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12 dari badan. Kekurangan vitamin ini mempercepat tumbuhnya rambut putih. Tapi hal ini bersifat sementara. Bila tubuh sudah tidak mengalami stres, produksi pigmen pun kembali lancar dan rambut kembali hitam.

3. Sakit keras

Sakit keras bisa memperlambat produksi melanin sehingga muncul uban. Bila kondisi membaik, rambut hitam tumbuh kembali.

4. Gizi buruk

Asupan makan yang kurang seimbang juga mempengaruhi kesehatan rambut. Ini menyebabkan rambut tumbuh kemerahan, beruban, dan rusak. Kurang gizi bisa membuat jumlah enzim pembentuk pigmen berkurang. Kurang darah juga bisa menyebabkan rambut beruban.

5. Merokok

Merokok menghambat aliran zat2 gizi yang dibutuhkan tubuh dan dibawa dalam peredaran darah.

6. Zat kimia

Penggunaan sampo, minyak rambut, cat rambut yang kandungan zat kimianya tinggi, sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Minyak dan cat rambut meresap kedalam pori-pori kulit kepala, sehingga mempengaruhi produksi pigmen.

7. Zat pengawet

Makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, gula sintetis, dan bahan kimia lainnya, juga mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Nah, apabila sudah mengetahui berbagai penyebab timbulnya rambut beruban maka lakukanlah perawatan intensif untuk rambut Anda agar dapat memperlambat proses munculnya uban, seperti :

Usapkan campuran air jeruk dan minyak kelapa seminggu sekali. Biarkan selama 15 menit lalu dibilas. Jika Anda melakukan ini secara rutin, munculnya uban bisa ditunda hingga usia 60 tahunan.

Ambil secangkir teh pekat, tambahkan satu sendok makan garam. Setelah dingin, tuangkan secara merata pada rambut lalu pijat-pijat kulit kepala. Biarkan selama 1 jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa sampo. Lakukan cara ini minimal sebulan sekali.

Creambath yang disertai dengan pijatan di kepala dapat membantu sirkulasi darah di kulit kepala jadi lancar dan akar rambut pun lebih sehat.

Mengkonsumsi sayur yang mengandung vitamin A dan C seperti bayam, tomat, wortel, brokoli atau paprika, dan juga perbanyak makan buah yang mengandung vitamin C, karena sangat baik untuk pertumbuhan rambut.
- 7 Oktober 2008

Sumber :
http://vibizlife.com/health_details.php?pg=health&id=11297&sub=health&awal=90&page=10
13 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar